AWAL MUSIM, UGTMAS LAKSANAKAN MANASIK UMRAH

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 Juli 2024, 15:41:53

Pasuruan - Ahad 21/07, UGTMAS Tour & Travel melaksanakan kegiatan manasik umrah pasca musim haji tahun 1445 hijriyah bertempat di RM Kebonpring Karangketug Gadingrejo Kota Pasuruan dan diikuti oleh sebagian CJU (calon jamaah umrah) periode keberangkatan 03, 09 dan 18 Agustus 2024 yang berasal dari Pasuruan, Banyuwangi dan Bangkalan, sedangkan yang dari luar Jawa Timur dilaksanakan menjelang keberangkatan.

WhatsApp Image 2024-07-21 at 15.51.14.jpeg

Jam 12.00 WIB jamaah melaksanakan shalat dzuhur di mushalla Kebonpring, dilanjut registrasi dan pembagian jaket eksklusif dan buku manasik. Sekitar jam 13.00 WIB kegiatan ini diawali pengantar dan penyampaian materi terkait barang bawaan oleh Direktur, Mas H. Achmad Nawawi Abdullah, dilanjut bimbingan manasik umrah yang disampaikan oleh Wakil Direktur, H. As’adurrofiq Abdurrahman. Dalam penyampaian materi kali ini berbeda dengan pelaksanaan manasik-manasik sebelumnya, yaitu peserta manasik diperkenankan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan secara langsung.

3.png

Dengan penyampaiannya yang khas, Wakil Direktur berhasil menciptakan suasana cair dan bersahabat sehingga jamaah dengan mudah dan tidak segan untuk mengemukakan pertanyaan yang belum dimengerti. Bapak Umar dari Nongkojajar Kecamatan Tutur bertanya: Jika pernah meninggalkan shalat apa cukup dengan mengqadlai dengan satu kali shalat di masjidil haram?, sedangkan Bpk Ahmad Ghozi dari Keamatan Kokop Kabupaten Bangkalan menyampaikan pertanyaan: Bolehkah mengqadlai shalat sebanyak 25 kali untuk shalat yang tidak diketahui jumlahnya? Bolehkah mengumrahkan orang lain?.

4.png

Disamping banyaknya persiapan dzahir yang harus dilakukan, para calon tamu Allah juga perlu melakukan persiapan batin meliputi kesiapan mental dan kesiapan menata niat yang benar, termasuk pengakuan akan banyaknya salah dan dosa serta adanya niat untuk bertaubat kepada Allah SWT. Usai pelaksanaan bimbingan manasik dan ramah tamah, jamaah mendapat layanan konsultasi dengan petugas kesehatan, Ibu Ina Diah Husaini, S.Keb.

*) Ach_Subadar, UGTMAS

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id